Susah Tidur Tapi Gak Mau Kesiangan Sahur ?? Lakukan Tips ini
2017-06-02 16:19:34

Bulan Ramadan. Kebanyakan disaat saat sekarang, anak muda susah bangun pagi. Alasannya susah tidur. Atau pun orang tua juga susah bangun pagi karna kerja sampai malam alias lembur. Susah bangun sahur di bulan Ramadan ini tentu sangat mengganggu ya. yang ada kesiangan deh sahurnya.

Untuk mengatasinya ada banyak orang yang memilih untuk sahur sebelum tidur malam, atau memasang alarm secara berulang biar bisa bangun sahur. Meski kita sadari kalau dua cara tersebut bukanlah cara paling ideal untuk menjalani ibadah puasa Ramadan ini.

Coba saja, kalau kamu sahur dengan makan lebih dulu sebelum tidur malam, yang ada saat kamu bangun sudah lapar. Sedangkan kalau mengandalkan alarm, bisa saja kebablasan, betul tidak ?? Nah biar ibadah puasa Ramadan lancar dan sahurnya nggak kesiangan, coba deh kamu konsumsi lima makanan di bawah ini, yang bisa mengatasi masalah tidurmu dan bikin kamu nggak kesiangan bangun sahur. Langsung otw ke bawah nih … :-D

1.      Susu

Selain mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang, mengonsumsi susu hangat juga bisa membuat seseorang tidur lebih cepat karna kandungan triptofan dan serotoninnya.

Secara teori para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk akibat melatonin yang dilepaskan. Tapi Dr Timothy Morgenthaler selaku ahli tidur dari Mayo Clinic menuturkan bahwa jumlah triptofan dalam susu belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.  

Namun para ahli menuturkan bahwa rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada efek psikologis. Susu identik dengan seorang ibu, kebanyakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibunya.

         

Faktor lain yang mempengaruhi adalah susu bisa menghangatkan tubuh, kondisi tubuh yang hangat akan membuat otot menjadi lebih rileks dan memperlambat respons. Perlambatan respons dan otot yang rileks ini memicu rasa kantuk dan ingin tidur.

Selain itu susu hangat juga bisa menenangkan perut. Ketika susu hangat diminum seseorang maka akan menciptakan rasa lega dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut atau lambung. Hal ini sama halnya dengan bayi yang bisa tertidur pulas ketika selesai menyusui.

2.      Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa meningkatkan kadar asam amino yang disebut triptofan pada otak. Makan pisang menjelang tidur bisa meningkatkan serotonin yang merangsang tubuh menjadi lebih santai dan akhirnya mengantuk.

Sulit mengantuk dan tidur nyenyak? Terlalu letih dan pekerjaan yang bertumpuk bisa jadi penyebabnya. Cobalah makan buah, biji-bijian atau minum susu. Beberapa makanan sederhan ternyata bisa membuat tidur lebih lelap.

         

Kandungan Potasiumnya dapat mencegah keram kaki di malam hari. magnesium dalam pisang juga dapat membantu mengendurkan otot dan saraf sehingga membuat tubuh lebih rileks.

Badan yang sangat lelah, terkadang bisa membuat sulit tidur lebih cepat. Beban pekerjaan yang berat juga bisa jadi pemicu sulit tidur atau insomnia. Untuk mengatasinya, tidaklah sulit. Dengan sedikit cermat memilih, ada beberapa jenis makanan yang mampu membuat rasa kantuk datang.

3.      Selada

         

Makan malam dengan selada sayur mungkin bisa membuat Anda tertidur lebih awal, karena selada mengandung lactucarium, yang bersifat menenangkan dan mempengaruhi otak seperti halnya opium. Anda bisa coba resep dari Stealth Health ini: Rebus 3-4 daun selada besar dengan segelas segelas air selama 15 menit. Matikan api, lalu tambahkan 2 helai daun mint. Minum airnya sebelum tidur.

4.      Kacang Almond & Kacang Panjang

Kacang yang sering dicampur dengan bahan coklat ini banyak dikonsumsi orang karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun, tahukah Anda kalau ternyata kacang almond memilki kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk relaksasi otot tubuh. Makanan yang satu ini membuat rasa kantuk semakin cepat dengan cara mematikan siklus adrenalin dan meningkatkan rasa kantuk ketika mengkonsumsinya. Disamping itu kacang almon menjaga kadar gula darah untuk tetap stabil.

         

Mengandung vitamin B6, kacang panjang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin sebagai pembangkit mood dan pengurang stres, dan membantu menyusun melatonin atau hormon untuk tidur. Kacang panjang sangat cocok untuk Anda konsumsi di malam hari untuk membantu Anda cepat tertidur.

5.      Teh

         

Para ahli mengatakan, sebagian besar varian teh bisa membangkitkan rasa kantuk. Teh hijau mengandung theanine, yang bisa membantu tidur dan ahli gizi Shawn Talbott juga memuji efek relaksasi dari campuran teh chamomile. Selain itu teh aroma buah-buahan juga patut dicoba, studi di Australia menemukan bahwa meminum secangkir teh buah sejam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih lelap.

6.      Keju

Jika kamu suka keju, maka kamu bisa menjadikannya sebagai makanan yang bikin ngantuk. Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat nikmat dan disukai oleh berbagai kalangan. Banyaknya kandungan nutrisi pada makanan yang bikin ngantuk ini bisa membuat anda sehat dan terhindar dari penyakit.

         

Pakar gizi klinik dari Pusat Kedokteran Integratif di klinik Cleveland mengatakan bahwa produk olahan susu dapat mengembangkan reaksi imunologis atau intolerasi kasein dan whey terhadap protein sehingga mereka rentan mengalami kelelahan. Kandungan kalsium dalam makanan yang bikin ngantuk ini bisa mengobati gangguan sulit tidur alias insomnia.

Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami sulit tidur meskipun secara fisik sudah sangat lelah, akan tetapi sangat susah untuk memejamkan mata dan tidur dengan terlelap. Kandungan kalsium yang ada pada makanan yang bikin ngantuk ini membuat otak memanfaatkan tryptophan. Selanjutnya, melatoninlah yang akan terproduksi sehingga akan mengantuk dan akan cepat tertidur.

Demikian beberapa tips diatas, semoga bermanfaat...

 



© 2014 - 2017 G-Land Property