Perhatikan 10 Hal ini Sebelum Membuat Rumah
2017-05-29 16:39:16

Rumah Model Sekarang

Memiliki sebuah rumah tentu saja merupakan harapan semua orang, karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam hidup. rumah merupakan kebutuhan primer, sehingga harus menjadi prioritas. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa digunakan sebagai investasi, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan uang mereka untuk membeli perumahan atau mendirikan bangunan sebagai investasi

Membangun rumah adalah suatu hal yang mungkin bagi banyak orang adalah sekali dalam seumur hidup. Untuk itu, sudah seharusnya dalam membangun rumah segala persiapan direncanakan dengan matang. Mungkin beberapa hal yang saya utarakan disini bisa berguna sebagai perimbangan

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas beberapa desain rumah yang sangat banyak menarik perhatian pada jaman modern ini.

Banyak sekali desain rumah yang ada di dunia ini, salah satunya adalah rumah yang sangat terkenal yaitu rumah minimalis. Rumah ini menggunakan konsep simple tapi mengesankan, tapi disamping itu masih banyak sekali rumah – rumah yang lebih menakjubkan. Mau tahu apa saja itu? yuk kenalan dengan desain rumah – rumah dibawah ini.

      1. Desain rumah kontemporer

Mungkin kita sudah sering mendengar gaya “kontemporer” ketika hendak memilih desain interior. Sejumlah pengembang juga ada yang menerjemahkan model eksterior fasadnya dengan tema kontemporer. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan gaya kontemporer?

Banyak orang yang dengan mudah memaknai desain kontemporer dengan desain modern. Ya, memang ada beberapa elemen dari desain modern yang bisa diadaptasi menjadi gaya kontemporer. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang jelas.

          

Desain rumah kontemporer adalah salah satu model rumah yang banyak dibangun dibanyak negara di seluruh dunia, secara prinsip gaya rumah kontemporer ini relatif agak agak mirip dengan gaya atau desain rumah minimalis. Tapi gaya kontemporer cenderung menggambarkan desain dan bentuknya yang modern, dan variatif. Dengan kata lain gaya kontemporer adalah gaya yang mengikuti perkembangan jaman, arsitektur modern kontemporer secara umum bisa dikenali melalui desainnya yang sederhana, praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih.

      2. Desain rumah modern

Tidak beda jauh dengan gaya rumah kontemporer, gaya rumah modern juga cenderung memiliki desain dan model yang hampir sama. Hanya saja model rumah modern ini secara umum memiliki bentuk rumah yang terlihat lebih kaku dengan bentuknya yang kotak, tapi terlihat mewah. Kebanyakan gaya rumah modern cenderung terbuka dan mengandalkan banyak pemasangan kaca dengan ukuran yang relatif lebih lebar.

           

Arsitektur modern sudah ada dan berkembang dari jaman dulu, bukan baru-baru ini saja. Tapi pada perkembangannya sekarang sudah banyak dikenal desain arsitektur bergaya minimalis, kontemporer, futuristik, dan banyak lainnya. Arsitektur modern memiliki pandangan bahwa arsitektur adalah olah pikir, bukan olah rasa, dan permainan ruang bukan permainan bentuk. Muncul dan berkembangnya teknologi juga memiliki andil untuk mempopulerkan gaya modern. Misalnya material kaca yang dapat digunakan untuk membuat ruangan karena ciri-cirinya yang ‘ada tapi tak terlihat’. Detail ornamen dianggap sebagai suatu hal yang tak perlu.

Ciri-ciri dari arstitektur modern adalah: 

 a. Berbentuk tertentu dan fungsional

Lebih mengutamakan fungsi daripada bentukan bangunan. Segala bentuk yang tercipta pasti memiliki fungsinya masing-masing. Estetika berada di urutan ke sekian.

 b.  Less is more

Semakin sederhana, nilai modern bangunan semakin bertambah.

 c. Tidak ada ornamen

Karena dianggap tak memiliki fungsi, maka segala jenis ornamen ditiadakan dalam desain bergaya modern.

 d. Seragam

Arsitektur modern tidak memiliki suatu ciri individual arsitek. sehingga tidak dapat dibedakan antara arsitek yang satu dan yang lainnya.

 e.  Kosong

Maksudnya adalah desain dibuat polos, simple, dengan bidang kaca lebar yang tinggi.

 f. Geometris

Bentukan yang paling sering muncul adalah bentukan geometris bukan bentukan abstrak yang tidak jelas. Bentuk bangunan pasti tegas dan bergaris lurus

      3. Desain rumah tradisional

Rumah tradisonal merupakan rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan. Rumah tradisional dapat juga dikatakan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan. Penilaian kategori rumah tradisonal dapat juga dilihat dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat ketika rumah tersebut didirikan misalnya seperti

          

untuk upacara adat. Rumah tradisional ialah ungkapan bentuk rumah karya manusia yang merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh atau berkembang bersamaan dengan tumbuh kembangnya kebudayaan dalam masyarakat. Ragam hias arsitektur pada rumah tradisional merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Rumah tradisional merupakan komponen penting dari unsur fisik cerminan budaya dan kecendrungan sifat budaya yang terbentuk dari tradisi dalam masyarakat. Rumah tradisional ialah sebagai hasil karya seni para arsitektur tradisional. Dari rumah tradisional masyarakat dapat melambangkan cara hidup, ekonomi dan lain-lain  Di Indonesia setiap daerah mempunyai rumah tradisional yang beragam karena beragamnya budaya dalam setiap daerah yang ada di Indonesia.

     4. Desain rumah asian

Desain rumah Asian adalah desain rumah dengan gaya orang Asia yang pada bagian tertentu memiliki kekhasannya Asian. Sama seperti desain tradisional, rumah gaya Asian ini memiliki keunikannya sendiri. Penggunaan material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau bagian tertentu. Misalnya rumah Asian gaya Cina, gaya Jepang, begitu juga dengan rumah Asian gaya Indonesia.

          

Biasanya rumah desain Asia itu memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan yang indah. 

      5. Desain rumah beach style

Beach style yang berarti rumah dengan gaya atau desain pantai dan atau yang berbau pantai. Sebetulnya gaya rumah ala pantai ini agak mirip juga dengan desain rumah tradisional. Dan dibeberapa negara rumah dengan gaya beach style ini banyak yang mengadopsi desain minimalis atau modern.

          

Jika Anda ingin memiliki rumah di kawasan pantai tentunya Anda akan sangat beruntung karena kawasan ini memiliki pemandangan laut yang indah. Jika Anda menggunakan konsep desain ruang terbuka pada semua bagian dari daerah interior yang terbuka langsung mengarah ke daerah luar ruangan. Dan bagi Anda yang memiliki budget yang lumayan, Anda dapat mempunyai rumah minimalis yang dekat dengan pantai serta menyatu dengan alam, dan cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan serta menyukai suasana alam.

     6. Desain rumah craftsman

Desain Craftsman atau sering juga disebut Craftsman Style Homes, atau gerakan Seni dan Kerajinan Amerika, adalah arsitektur, desain interior, dan desain craftsman dan juga diterapkan dalam gaya seni dekoratif dan filosofi gaya hidup yang dimulai pada tahun-tahun terakhir abad ke-19. Sebagai sebuah gerakan desain dan seni yang luas, gaya tersebut tetap populer hingga tahun 1930-an. Namun, dalam perjalanannya seni dekoratif dan desain arsitektur itu terus berkembang hingga sekarang ini. Ciri khas rumah dengan desain ‘Craftsman’ biasanya ada pada bagian muka atau beranda yang cenderung tebal dengan tiang tiang penyangga yang pada bagian bawahnya terlihat sangat kokoh.

          

Bagi Anda yang menyukai rumah dengan gaya America tidak ada salahnya jika Anda membangun rumah yang bergaya craftsman yang merupakan desain lansekap yang berasal dari Amerika. Rumah dengan gaya ini juga sangat banyak dibangun karena filosofi dan dekorasinya sangat banyak disukai oleh banyak orang di awal abad ke-19. Sebagai gaya seni yang dapat dijadikan sebagai patokan membangun rumah, gaya yang sangat klasik ini tetap digemari oleh banyak orang hingga saat ini. Ciri rumah ini biasanya memiliki beranda ataupun di bagian depan cenderung tebal dengan memiliki tiang penyangga yang pada bagian bawahnya sangat tebal.

     7. Desain rumah farm

Dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan rumah dan bangunan, informasi tentang Desain Rumah Farmhouse menjadi sangat penting untuk diketahui. Karena dengan begitu kita bisa mewujudkan rumah idaman yang menjadi impian keluarga kita.

Kali ini kita membahas rumah minimalis nuansa farm atau sering juga disebut dengan Farmhouse. Sebuah rumah yang berkonsep minimalis adalah hunian dengan desain yang bertemakan minimalis yang mengusung kepada desain dengan memanfaatkan setiap garis, kotak sebagai acuannya. Ada banyak sekali macam dari bentuk sebuah rumah berkonsep minimalis ini, bahkan bentuknya pun sangat berbeda, sehingga akan memberikan tampilan yang berbeda pula pada rumah. Begitu pun juga dnegan kesan yang ditampilkannya.

          

Rumah dengan desain minimalis ini selama 10 tahun terakhir telah menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Saat ini tema rumah minimalis hampir bisa dijumpai disetiap hunian tinggal yang ada di negara ini.

Rumah dengna gaya Farmhouse ini adalah bangunan atau rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal utama dalam suasana pedesaan atau pertanian. Dalam sejarahnya, rumah-rumah pertanian tersebut sering dikombinasikan dengan tempat untuk hewan yang disebut dengan housebarn. Rumah-rumah pertanian lainnya dapat dihubungkan ke satu atau beberapa lumbung untuk menyimpan hasil pertanian. Rumah dengan desain seperti ini cocok banget kalo dibangun di pedesaan atau di sekitar lokasi pertanian. Meskipun gak menutup kemungkinan gaya seperti ini bisa juga diterapkan di kota kota.

Dalam proses pembangunan rumah farmhouse ini dimulai dari desain sampai pelaksanaan pembangunan, banyak hal yang harus kita pahami dan persiapkan seperti desain eksterior tampak depan/samping/belakang, desain interior ruang tamu/ruang keluarga/kamar tidur/kamar mandi/dapur, jumlah kamar tidur, luas bangunan, berapa lantai, konsep rumah, tipe bahan bangunan, RAB pembangunan, perkiraan lama waktu pengerjaan, dan banyak hal lainnya juga selain dari Desain Rumah Farmhouse itu sendiri.

     8. Desain rumah industrial

Rumah industrial adalah rumah yang didesain dengan gaya industri. Gaya industri sendiri adalah sebuah gaya yang mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan dunia industri, terutama pabrik. Desain industrial sudah banyak diterapkan di beberapa jenis bangunan di Indonesia, contohnya restoran dan kafe.

Saat ini desain industrial berkembang tidak hanya untuk bangunan publik saja, tapi juga bangunan pribadi seperti rumah. Bagaimana desain seperti ini bisa menjadi desain sebuah rumah? Tentunya bukan dengan menjadikan rumah Anda sebagai sebuah pabrik, namun menatanya sedemikian rupa dengan cantik.

          

Sebagai sistem bangunan industrial, maka kita juga harus memperhatikan material yang akan digunakanya, salah satunya adalah material saluran pipa. Saluran pipa adalah elemen sangat penting maka dari itu perhatikan juga sistem bangunanya. Untuk itu anda pun dapat menggunakan pipa galvanis buat kaki meja rakitansendiri, shelving brackets, maupun penggantung jas. Kehadiran dari penggunaan pipa ini mampu meneteralkan nuansa ruangan yang serba putih.

Dalam dunia desain rumah, anda juga harus memperhatikan unsur penyangga yang bisa diandalkan yakni kayu dan juga logam yang mestinya dibutuhkan ini malah telat pengirimanya. Untuk mengatasinya anda bisa membuat hiasan dinding gantung, headboards, kemudian meja, atau hiasan. Disamping itu, mengekspos material yang alami dalam pengolahan elemen interior industrial layaknya kayu dan juga logam, bisa menampilkan kesan yang raw yang berasal dari material yang rustic.

      9. Desain rumah tropical

Desain rumah tropis termasuk satu desain rumah terstruktur untuk menanggapi iklim di Indonesia yang mana adalah iklim tropis. Seperti kita ketahui iklim di Indonesia cenderung ekstrim dengan intensitas curah hujan yang tinggi dan matahari yang begitu menyengat di musim kemarau. Berikut prinsip rumah tropis adalah untuk mengantisipasi kelembaban di rumah sebagai akibat curah hujan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, serta panas matahari yang membuat rumah menjadi kurang nyaman. Jadi bisa dibilang bentuk rumah tropis penyesuaian desain rumah terhadap efek dari iklim tropis yang terjadi sepanjang tahun.

          

Rumah dengan gaya tropical memiliki kelebihan lebih airy dibandingkan dengan rumah biasa. Terdapat area selasar dan balkon yang juga digunakan untuk bersantai juga merupakan salah satu ciri rumah tropical. Kisi-kisi kayu untuk menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, bukaan lebar dan besar, semua ini bisa ditemukan pada rumah bergaya tropical.

Tinggal di Indonesia dengan iklim tropis yang cenderung panas sepanjang tahunnya, membuat kita harus bisa membuat rumah yang sesuai dengan keadaan lingkungan dan udara di sekitar kita. Rumah yang terasa sejuk tanpa bantuan AC adalah desain rumah yang dicari dan dibuat sekarang. Oleh karena itu, rumah dengan desain tropical sangat cocok untuk digunakan di Indonesia.

     10. Desain rumah mediteranian

Desain rumah mediterania merupakan sebuah desain yang hampir mirip dengan gaya tropis. Maka tak heran jika desain rumah ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia. Rumah dengan konsep desain Mediterania ini terlihat lebih elegan, mewah dan klasik.

          

Ada beberapa unsur yang dapat membedakan hunian bergaya Mediterania dengan hunian lainnya, salah satu ciri khas rumah bergaya Mediterania adalah kehadiran pilar-pilar tinggi yang kokoh dan memiliki berdiameter yang lumayan besar. Selain itu unsur pembeda lainnya adalah adanya bentuk atap yang melingkar pada salah satu bagian, Sementara atap untuk tap bagian lainnya berbentuk segitiga atau pelana. Untuk bagian dinding eksterior umumnya dilapisi dengan bebatuan alam dan marmer, kehadiran kedua bahan tersebut membuat rumah terkesan mewah dan elegan.

 

 

 



© 2014 - 2017 G-Land Property